Biografi dan Perjalanan Cristiano Ronaldo Sebagai Pemain Sepak Bola Profesional

Cristiano Ronaldo, nama lengkapnya yaitu Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, (lahir 5 Februari 1985, Funchal , Madeira , Portugal ), penyerang sepak bola Portugal yang merupakan salah satu pemain terhebat di generasinya.

Ayah Ronaldo bernama José Dinis Aveiro, adalah manajer peralatan untuk klub lokal Andorinha. (Nama Ronaldo ditambahkan ke nama Cristiano untuk menghormati aktor film favorit ayahnya, Ronald Reagan, yang adalah presiden AS pada saat kelahiran Cristiano.) Pada usia 15 Ronaldo didiagnosis dengan kondisi jantung yang memerlukan pembedahan, tetapi dia absen hanya sebentar dan membuat pemulihan penuh. Dia pertama kali bermain untuk Clube Desportivo Nacional dari Madeira dan kemudian dipindahkan ke Sporting Clube de Portugal (dikenal sebagai Sporting Lisbon), di mana dia bermain untuk berbagai tim pemuda klub itu sebelum melakukan debut di tim utama Sporting pada tahun 2002. Baca sampai selesai dalam situs ini jika Anda memang fans Cristiano Ronaldo.

Seorang pemain jangkung setinggi 6 kaki 1 inci (1,85 meter), Ronaldo adalah atlet yang tangguh di lapangan. Awalnya pemain sayap kanan, ia berkembang menjadi pemain depan dengan gaya menyerang yang bebas kendali. Dia mampu memikat lawan dengan sulap kaki yang membuat ruang yang cukup untuk pembukaan di pertahanan lawan.

Baca Juga : Biografi dan Perjalanan Lionel Messi Sebagai Pemain Sepak Bola Profesional

Setelah musim yang sukses dengan Sporting yang membawa pemain muda menjadi perhatian klub-klub sepak bola terbesar di Eropa, Ronaldo menandatangani kontrak dengan pembangkit tenaga listrik Inggris Manchester United pada tahun 2003. Dia adalah sensasi instan dan segera dianggap sebagai salah satu pemain depan terbaik dalam permainan. Musim terbaiknya bersama United terjadi pada 2007-08, ketika ia mencetak 42 gol Liga dan Piala dan mendapatkan penghargaan Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak Eropa, dengan 31 gol Liga. Setelah membantu United meraih gelar Liga Champions pada Mei 2008, Ronaldo merebut penghargaan Pemain Terbaik Dunia Fédération Internationale de Football (FIFA) untuk musim 2007-2008 yang termasyhur. Dia juga memimpin United untuk tampil di final Liga Champions 2009, yang mereka kalah dari FC Barcelona .

Segera setelah itu Ronaldo dijual ke Spanyol Real Madrid klub -a yang ia telah lama dikabarkan ingin bermain-untuk biaya transfer kemudian merekam £ 80 juta (sekitar $ 131 juta). Kecakapan mencetak golnya berlanjut dengan tim barunya, dan ia mencetak gol terbanyak (40) dalam sejarah La Liga selama musim 2010-11 (rekornya dipecahkan pada musim berikutnya oleh saingannya Lionel Messidari Barcelona). Pada 2011–12 Ronaldo membantu Madrid meraih kejuaraan La Liga dan mencetak 46 gol terbaik pribadi selama musim Liga. Dia mencetak total 66 gol dalam 56 penampilan bersama Madrid dan tim nasional Portugal pada 2013 untuk mendapatkan pemain dunia keduanya tahun ini (Pemain Terbaik Dunia FIFA itu berganti nama menjadi FIFA Ballon d'Or pada 2010). Pada 2014 ia mencetak 52 gol dalam 43 pertandingan dan membawa Madrid meraih gelar Liga Champions, yang menghasilkan Ronaldo meraih penghargaan Ballon d'Or lainnya.

Pada 2014–15 ia mencetak 48 gol untuk memimpin La Liga dalam mencetak gol. Ronaldo mencetak gol ke-324 sebagai anggota Real pada Oktober 2015 untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub. Dia mencetak 35 gol La Liga di 2015-16 dan membantu Real memenangkan rekor gelar Liga Champions ke-11, dan pada bulan Desember 2016 ia memenangkan karir keempat Ballon d'Or untuk prestasinya. Ronaldo mencetak 42 gol untuk Real di semua kompetisi pada 2016-17 dan memimpin timnya meraih gelar La Liga dan Liga Champions musim itu, yang menghasilkan penghargaan Ballon d'Or untuk karir kelima. Pada 2017-18 dia mencetak 44 gol dalam 44 pertandingan, dan Real memenangkan gelar Liga Champions ketiga berturut-turut. Pada Juli 2018 ia mencapai kontrak empat tahun senilai € 112 juta (sekitar $ 132 juta) dengan pembangkit tenaga listrik ItaliaJuventus . Dia menyelesaikan karirnya yang sebenarnya dengan 311 gol dalam 292 pertandingan.

Di tanah kelahirannya, setelah melewati masa muda dan peringkat di bawah 21, Ronaldo tampil pertama kali untuk tim nasional Portugal bersama melawan Kazakhstan pada Agustus 2003 (empat hari setelah debutnya bersama United). Dia adalah pemain kunci dalam finis keempat Portugal di Piala Dunia 2006 dan menjadi kapten penuh waktu tim nasional pada tahun 2008. Pada tahun 2012, permainan bintangnya membawa Portugal ke semifinal Kejuaraan Eropa, di mana timnya tersingkir oleh saingannya Spanyol dalam pertandingan yang ditentukan melalui tendangan penalti.

Ronaldo datang ke Piala Dunia 2014 sebagai pemain terbaik dari kemenangan kedua di dunia tahun ini, tetapi permainannya di turnamen sangat buruk, dan seluruh tim Portugal berjuang keras saat tersingkir di babak penyisihan grup. Pada tahun 2016 ia membantu Portugal memenangkan Kejuaraan Eropa, gelar turnamen internasional besar pertama negara itu, meskipun ia hanya bermain hemat di final karena cedera lutut yang ia alami di awal pertandingan. Ronaldo bermain gemilang di Piala Dunia 2018, mencetak empat gol dalam empat pertandingan saat Portugal melaju ke babak sistem gugur hanya untuk kehilangan pertandingan pertamanya di tahap itu karena tim Uruguay yang kuat bertahan.

Baca Juga : Biografi dan Perjalanan Lionel Messi Sebagai Pemain Sepak Bola Profesional

Ronaldo adalah salah satu bintang olahraga paling terkenal di luar lapangan, dan banyak penelitian tentang popularitas atlet menunjukkan bahwa dia adalah atlet yang paling dicintai di dunia selama puncak permainannya. Popularitasnya yang ekstrem menjadikan Ronaldo salah satu pendukung tertinggi dalam sejarah olahraga, dan pada November 2016 ia menjadi orang ketiga (setelah superstar bola basket Michael Jordan dan LeBron James ) untuk mendapatkan kontrak "seumur hidup" dari perusahaan pakaian olahragaNike . Selain itu, ia mendirikan merek produk "CR7" -nya yang sukses yang mencakup sepatu, pakaian dalam, dan wewangian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel